Skip to main content

Tips Memilih Make-Up untuk Kulit Sensitif

Tips Memilih Make-Up untuk Kulit Sensitif

Banyak wanita yang ingin mencoba berbagai jenis make-up, namun kesulitan dengan kulitnya yang sensitif dan mudah mengalami iritasi. Jika salah membeli produk, sangat mungkin muncul kemerahan disertai dengan rasa perih bahkan alergi pada bagian wajah.

Namun Anda tidak perlu khawatir. Berikut tips memilih make-up untuk kulit sensitif.

1. Tes sebelum membeli

Faktor yang biasanya ditolerir oleh kulit “normal” biasanya ditunjukan reaksi oleh kulit sensitif. Oleh karena itu, penting bagi perempuan untuk mengaplikasikan sedikit produk pada wajah, misalnya pada bagian belakang telinga atau dagu saja.

Setelah itu Anda bisa berjalan-jalan selama beberapa jam untuk melihat reaksi produk tersebut pada kulit Anda. Jika Anda merasa nyaman serta tidak muncul kemerahan atau rasa perih, maka produk tersebut cocok untuk Anda.

2. Bebas alergen

Alergen merupakan bahan yang bisa menyebabkan alergi. Anda harus ekstra hati-hati dalam memilih make-up untuk kulit sensitif. Hal ini bisa Anda lakukan dengan membaca kandungan yang terdapat dalam produk secara seksama. Pastikan semua kandungan memang aman bagi kulit, seperti mencantumkan kata “hypoallergenic” atau “dermatology tested”. Kamu juga harus mengingat kandungan apa saja yang tidak cocok untuk kulitmu.

3. Selalu baca label

Pengetahuan mengenai produk sangatlah penting. Cari produk yang bebas pewangi dan paraben, karena kedua hal tersebut sering menjadi pemicu iritasi serta kemerahan. Semakin pendek daftar bahan yang terkandung dalam produk tersebut, itu berarti semakin bagus. Akademi Dermatologi Amerika memberikan rekomendasi kepada pemilik kulit sensitif untuk menggunakan produk yang mengandung kurang dari 10 bahan.

4. Sedikit itu lebih baik

Terdapat banyak hal yang dapat menyebabkan iritasi atau kemerahan pada kulit sensitif. Oleh sebab itu, jangan gunakan produk skincare terlalu banyak untuk sehari-hari. Wajah pun perlu bernapas dan diberikan nutrisi yang tepat dalam batas yang cukup. Yang benar-benar dibutuhkan adalah gentle cleanser, moisturizer serta sunscreen.

5. Pilih produk yang tepat

Terdapat beberapa mineral foundation yang murni tanpa ditambah pengawet atau bahan berbahaya lainnya serta dapat digunakan sebagai concealer atau powder foundation. Salah satu keuntungan dari loose mineral foundation ini adalah menekan minyak serta memberikan coverage yang lebih baik dari foundation yang berbentuk cairan. Karena eyeliner liquid biasanya mengandung lateks yang bisa memicu reaksi, Anda bisa beralih ke eyeliner pencil.

 6. Produk alami belum tentu cocok

Banyak orang menganggap semua produk alami cocok untuk kulit sensitif, padahal belum tentu. Walaupun banyak brand yang mengklaim produknya alami, Anda harus benar-benar mencermati kandungan yang terdapat dalam produk tersebut. Berikut ini adalah beberapa kandungan yang sebaiknya Anda hindari :

  • Sodium lauryl sulfate
  • Bismuth oxychloride
  • Acetylated lanolin alcohol
  • Benzoyl peroxide
  • Boric acid
  • EDTA
  • Oxybenzone
  • PABA
  • Petrolatum
  • Paraben
  • Triclosan

Selain tips memilih make-up di atas, jangan lupa juga untuk teratur selalu membersihkan spons dan brush serta membuang kosmetik yang sudah terlalu lama. Karena bisa jadi kosmetik tersebut sudah kedaluwarsa atau sudah terkontaminasi.

Pemilik kulit sensitif juga sebaiknya mencuci muka dua kali dalam sehari. Bersihkan sisa debu dan kotoran, terutama pada pori-pori. Pilihlah cleanser yang memang diformulasikan untuk kulit sensitif, namun jangan yang terlalu lembut karena Anda akan kesulitan saat membersihkan sisa make-up atau debu. Lakukanlah secara lembut serta keringkan wajah dengan cara ditepuk. Setelah itu, segera aplikasikan pelembab ke seluruh bagian wajah agar tetap lembut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *