Skip to main content

5 Cara Mudah Merawat Wajah Kulit Sensitif dan Berminyak

Cara Mudah Merawat Kulit Sensitif dan Berminyak

Beberapa orang menderita kulit berminyak sementara yang lain menderita kulit sensitif. Namun, ada juga yang memiliki kulit sensitif berminyak, yang bisa sedikit lebih menantang tetapi masih bisa diobati. Sama seperti kulit berminyak normal, kulit sensitif berminyak juga rentan terhadap jerawat. Hal lain yang dapat Anda lakukan untuk kulit sensitif berminyak Anda adalah minum banyak air. Kekurangan kelembaban akan menyebabkan ketidakseimbangan dalam kadar minyak di tubuh dan kulit Anda, dan bahkan sedikit saja dehidrasi dapat secara instan meningkatkan produksi sebum di kulit.

Hindari juga produk dengan tingkat alkohol yang tinggi karena mereka cenderung mengeringkan kulit sensitif yang berminyak. Sebaliknya, gunakan pelembab, pembersih, dan lotion kulit yang mengandung oatmeal, lidah buaya, dan bahan-bahan alami karena akan menenangkan dan menyerap dengan cepat. Jika Anda berpikir ada lebih banyak jerawat Anda daripada yang Anda temui. Berikut akan kami jabarkan beberapa cara untuk merawat kulit wajah sensitif berminyak Anda tersebut.

1. Minum Air Lemon Setiap Hari

Mereka yang mempunyai kulit yang sensitif harus memulai hari dengan segelas air lemon. Vitamin C serta antioksidan lain yang terkandung dalam lemon dapat membantu memerangi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, air lemon dapat membersihkan racun dari darah Anda, yang bisa membantu menjaga kulit bersinar serta bebas dari jerawat, noda, keriput dan masalah lainnya. Selain itu, minum air sepanjang hari dengan interval teratur dapat menjaga kulit Anda terhidrasi serta lembab dari dalam. Ini juga membantu tubuh membuang racun.

2. Gunakan Sunscreen sepanjang tahun

Tabir surya sangat penting untuk melindungi kulit sensitif dari sinar ultraviolet (UV) berbahaya dari matahari. Karena sebagian besar tabir surya mengandung bahan beracun atau bahan kimia yang mengganggu endokrin yang dapat membahayakan kulit sensitif, gunakan tabir surya dengan bahan seperti seng oksida dan titanium dioksida.

3. Pilih Produk Perawatan Kulit dengan Hati-hati

Baik itu pembersih, pelembap, sabun atau paket wajah, Anda perlu membeli produk yang tepat untuk kulit sensitif Anda. Hindari menggunakan produk perawatan kulit dan kosmetik yang mengandung alkohol, pengelupas kulit yang keras, sodium lauryl sulfate, petrokimia, asam, zat pewarna, atau wewangian sintetis karena dapat mengiritasi kulit.

Sebaliknya, pilih produk yang memiliki antioksidan kuat serta bahan anti-inflamasi seperti teh putih, teh hijau, lidah buaya, chamomile, tanaman laut, calendula, dan oat. Selain itu, semakin sedikit bahan dalam produk perawatan kulit, semakin baik untuk kulit sensitif Anda. Jika Anda kesulitan menemukan jenis kosmetik dan produk perawatan kulit yang tepat, carilah produk berlabel “hipo-alergenik” dan “bebas wewangian”.

4. Melembabkan dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa murni extra-virgin adalah pelembab alami untuk kulit sensitif. Ini memiliki jumlah asam lemak yang baik yang membantu menjaga kulit Anda tetap lembab dan mencegah kekeringan. Minyak kelapa menembus jauh ke dalam pori-pori, bergizi dan melembapkan dari dalam. Selain itu, minyak kelapa memperlakukan kondisi seperti psoriasis, dermatitis dan eksim karena sifat anti-inflamasi dan antimikrobanya. Ia bahkan bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Sebelum tidur, cukup oleskan minyak kelapa pada wajah, lengan dan kaki, dan pijat dengan itu. Cuci bersih di pagi hari. Lakukan ini setiap hari untuk membuat kulit Anda lembut dan halus. Untuk mandi yang menenangkan, campurkan 1 cangkir minyak kelapa extra virgin di air panas. Rendam selama 15 menit dan keringkan dengan benar.

5. Bersihkan dengan Susu

Susu adalah pembersih yang sangat baik untuk kulit sensitif. Selain itu, susu memiliki sifat anti-inflamasi dan menenangkan yang membantu menyingkirkan kulit kering dan gatal. Ini juga membantu menjaga kulit lembab dan meningkatkan kulit wajah. Untuk menggunakan susu sebagai pembersih, celupkan kapas di susu dan oleskan ke wajah Anda. Biarkan selama 5 hingga 15 menit, lalu bilas wajah Anda dengan air hangat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *