Skip to main content

Tips Merawat Wajah Kering Agar Tetap Lembab

Tips Agar Wajah Kering Tetap Lembab

Jika kulit di wajah Anda kering, mungkin serpihan atau gatal. Kadang-kadang, itu terasa sangat kesat untuk disentuh atau bahkan terkelupas.  Gejala lain dari kulit kering meliputi:

  • mengelupas
  • kemerahan
  • kulit kasar atau seperti amplas

Kulit kering umumnya dapat diobati dengan mengutak-atik rutinitas perawatan kulit Anda atau mengubah beberapa faktor lingkungan. Kadang-kadang kulit kering adalah tanda kondisi medis yang mendasarinya yang harus ditangani oleh dokter Anda. Sebelum Anda mulai menukar produk Anda, ada beberapa hal yang dapat Anda coba untuk mengurangi kekeringan. Sebagian besar mudah diterapkan dan dapat digunakan bersama untuk meringankan gejala Anda.

1. Kebiasaan Mandi

Jika Anda bisa, lewati pancuran air hangat untuk mandi hangat. Air panas dapat mengeringkan kulit Anda dengan menghilangkan minyak alami. Anda mungkin juga merasa bermanfaat untuk mengurangi waktu Anda di kamar mandi hingga lima hingga 10 menit. Ini menghindari paparan air yang tidak perlu, yang dapat membuat kulit Anda lebih kering daripada sebelum Anda masuk ke kamar mandi. Hindari mandi lebih dari tiga kali sehari, karena ini dapat memperparah kulit kering.

2. Cuci muka dengan lembut

Ketika memilih mencuci muka, Anda harus menghindari sabun dan pembersih yang mengandung bahan kasar seperti alkohol, retinoid, atau asam alfa hidroksi. Bahan-bahan yang tidak perlu ini dapat mengeringkan kulit dan menyebabkan iritasi atau peradangan. Ada beberapa sabun ringan dan pelembab tanpa wewangian yang dapat Anda coba.

Anda harus mencari satu atau lebih dari bahan-bahan berikut yang mempertahankan kelembaban:

  • polyethylene glycol
  • akil-poliglikosida
  • surfaktan silikon
  • lanolin
  • parafin

Sindrom, atau agen pembersih sintetis, adalah bahan sabun lain yang bermanfaat. Mereka sering mengandung bahan kimia seperti sulfur trioksida, asam sulfat, dan etilena oksida, yang lembut pada kulit sensitif.

Anda juga harus mengaplikasikan secara lembut saat mengaplikasikan sabun atau pembersih ke wajah Anda. Gunakan hanya ujung jari Anda dan gosok lembut wajah Anda alih-alih menggunakan spons atau lap yang lebih abrasif. Jangan gosok kulit di wajah Anda, karena ini dapat menyebabkan iritasi.

Hindari mencuci muka beberapa kali sehari. Jika Anda berurusan dengan kulit kering, mungkin lebih baik hanya mencuci muka di malam hari. Ini membersihkan wajah Anda setelah seharian mengumpulkan kotoran dan akan mencegah Anda menghilangkan minyak yang diperlukan dari kulit.

Jangan melakukan eksfoliasi kulit setiap hari. Sebagai gantinya, cobalah hanya seminggu sekali. Ini dapat mengurangi iritasi yang terkait dengan scrubbing yang keras.

3. Oleskan pelembab

Temukan pelembab yang cocok untuk kulit Anda dan gunakan secara teratur, terutama setelah Anda mandi. Menerapkannya saat ini dapat membantu kulit Anda mempertahankan kelembapan. Pelembab wajah Anda harus bebas dari wewangian dan alkohol, karena dapat menyebabkan iritasi yang tidak perlu. Anda mungkin ingin mencoba pelembab yang termasuk tabir surya untuk melindungi diri dari paparan sinar matahari. Carilah produk yang membantu menahan air di kulit.

Untuk mengembalikan kelembapan, pilih pelembab yang lebih berat dan berbahan dasar minyak yang mengandung bahan-bahan yang membantu menjaga kulit Anda terhidrasi. Produk berbahan dasar petrolatum adalah yang terbaik untuk kulit kering atau pecah-pecah. Mereka memiliki daya tahan lebih dari krim dan lebih efektif mencegah air menguap dari kulit Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *