Skip to main content

Cara Merawat Wajah Kering dan Sensitif

Cara Merawat Wajah Kering dan Sensitif

Kulit kering adalah jenis kulit yang ditandai oleh kurangnya lipid (minyak). Ini dapat berlanjut ke dehidrasi karena, sebagai akibat dari berkurangnya lipid, kulit tidak dapat secara efektif mengikat dalam air dan penguapannya dari kulit meningkat. Kulit yang mengalami dehidrasi menggambarkan suatu kondisi yang disebabkan oleh kandungan air yang tidak mencukupi.

Denominator umum untuk kulit kering, dehidrasi dan sensitif adalah keseimbangan kelembaban yang terganggu. Ketika kulit tidak memiliki kelembaban yang dibutuhkan untuk bekerja sebagai lapisan penghalang yang efektif, kelembaban lebih lanjut hilang dan tidak dapat melindungi diri terhadap iritasi eksternal seperti bakteri atau polusi. Ini menyebabkan perasaan sesak dan tidak nyaman. Untuk membentuk penghalang yang efektif, kulit membutuhkan keseimbangan yang tepat antara:

  • Lipid (minyak)
  • air
  • Faktor Pelembab Alami (yang termasuk zat yang diproduksi secara alami seperti Urea, Asam Laktat atau Gliserol)

Gliserol (juga dikenal sebagai Glycerine), gula alkohol yang diproduksi secara alami oleh tubuh kita, digunakan oleh kulit untuk membantu mengikat dalam air. Ini adalah salah satu komponen kunci dari fungsi penghalang yang efektif. Gliserol, bersama dengan air, dikirim ke lapisan luar kulit oleh saluran distribusi kelembaban kulit sendiri – Aquaporin. Ketika Aquaporin dikompromikan, kulit mengalami dehidrasi, terlihat dan terasa kering dan mungkin menjadi sensitif.

Pilihan perawatan kulit

  • Mencuci kulit terlalu sering dalam air yang terlalu panas menggores kulit dari lipid yang melindungi dan dapat menyebabkannya mengering lebih jauh.
  • Bahan-bahan seperti natrium lauril sulfat, mentol atau konsentrasi tinggi alkohol terdenaturasi – yang terkandung dalam beberapa produk pembersih dan pelembab – juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan untuk kulit sensitif.
  • Pengelupasan dan eksfoliator kimiawi dapat menyebabkan iritasi pada kulit yang sudah sensitif.

Perawatan Alami

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu zat ajaib yang tampaknya memiliki kegunaan tak. Ini bekerja untuk kulit kering, dan sebenarnya bahan dasar untuk banyak pelembab yang dibeli di toko. Dengan menggunakannya sendiri, Anda menghilangkan bahan kimia dan bahan lain dalam lotion yang dapat benar-benar menangkal kekuatan minyak. Minyak zaitun dikemas dengan antioksidan yang dapat memperbaiki kulit kering, iritasi atau meradang, dan dapat membantu mencegah dan memperbaiki kerusakan yang dapat menyebabkan kerutan atau bintik-bintik matahari. Rendam kapas dalam minyak dan aplikasikan ke wajah diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas.

2. Minyak Zaitun, Lemon, dan Garam Scrub

Campur jus dari 1 jeruk nipis dengan 5 sendok makan garam laut dan satu sendok makan minyak zaitun untuk membuat lulur tubuh yang mewah. Aroma lemon segar menyegarkan dan dengan penambahan minyak zaitun, scrub ini akan membuat kulit Anda terasa segar dan lembab dan sangat lembut.

3. Madu

Madu melembutkan dan melembabkan kulit kering, dan dapat diaplikasikan langsung ke area bermasalah – pijat dengan lembut ke kulit dan diamkan selama 2-3 menit dan bilas. Ulangi setiap hari dan Anda akan mengalami kulit yang terasa lebih lembut.

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah minyak ajaib lainnya, dan salah satu keistimewaannya adalah melembapkan! Ada banyak cara yang bisa Anda gunakan: gunakan langsung ke kulit, aplikasikan ke area-area bermasalah seperti tangan, kutikula, dan persendian, atau tambahkan beberapa sendok untuk mandi. Ini membuat kulit terasa sangat lembut dan baunya juga menakjubkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *