Skip to main content

Cara Merawat Wajah Kering dan Komedo

Perawatan Wajah Kering dan Komedo

Jika Anda memiliki kulit kering dan komedo, Anda tidak sendirian. Sayangnya, bahkan bagi kita yang kulitnya selalu terasa kering masih bisa mengalami masalah komedo berulang. Ternyata, komedo bahkan bisa diperburuk oleh kulit kering. Untuk mengurangi kekeringan dan membuat komedo Anda hilang, kulit Anda mungkin memerlukan perawatan khusus. Untungnya, Anda mungkin bisa mengurusnya sendiri dengan mengikuti beberapa panduan sederhana berikut ini.

  • Penyebab Komedo

Komedo disebabkan oleh kelebihan “sebum”, minyak alami kulit Anda. Sebum diproduksi di bawah kulit Anda, di dasar folikel rambut. Ketika folikel Anda tersumbat, sebum bertumbuh. Kemudian dinding folikel bisa menonjol, menghasilkan komedo. Penting untuk dicatat bahwa kotoran tidak menyebabkan komedo: sel-sel kulit kering lebih sering disalahkanSel kulit mati dan sebum merupakan faktor utama dalam pori-pori tersumbat.

  • Penyebab Kulit Kering

Cuaca, paparan sinar matahari, kolam renang, pemanas sentral, dan AC dapat membuat kulit Anda kering. Kekeringan kulit juga bisa disebabkan oleh psoriasis atau gangguan tiroid, atau Anda mungkin memiliki kulit kering secara alami. Namun, Anda dapat memperparah kehausan kulit Anda dengan mencucinya dalam air panas atau dengan menggunakan sabun dan deterjen yang keras. Bahkan, jika Anda memiliki kulit kering dan mencuci atau menggosoknya terlalu sering, Anda dapat meningkatkan sel-sel kulit kering di wajah Anda, pada gilirannya menyebabkan komedo.

  • Perawatan: Pembersihan

Anda direkomendasikan untuk mencuci area bermasalah dengan pembersih yang lembut. Anda tidak boleh menggunakan sabun, dan cuci hanya dua kali sehari dengan setidaknya 10 jam di antara waktu pencucian. Cucilah wajah Anda dengan tangan kosong, bukan dengan menggosok dengan kain, lalu tepuk kulit Anda kering tanpa menggosok. Juga direkomendasikan penggunaan krim benzoyl peroxide 2,5 persen. Namun, jika ini mengeringkan kulit Anda terlalu banyak, cobalah menggunakan minyak pohon teh sebagai solusi yang lebih ringan.

  • Pengobatan: Pelembab

Setiap kali Anda mencuci muka, atau ketika terasa kering, gunakan pelembab. Pilih produk berlabel “berbasis air” atau “noncomedogenic.” Ini menunjukkan bahwa itu tidak akan menambah rasa berminyak pada kulit Anda, dan tidak akan menyumbat pori-pori Anda. ¬†Anda harus menerapkan pelembab yang cukup agar kulit Anda tidak bersisik. Jika Anda ingin menambahkan keefektifan, coba tambahkan beberapa tetes minyak jojoba.

  • Gaya hidup

Untuk mengurangi risiko komedo Anda, Anda dapat menjaga kulit Anda bersih tanpa harus terlalu banyak mencuci. Hindari kosmetik berminyak atau berminyak, tabir surya, produk rambut dan concealer. Sekali lagi, carilah kata-kata “berbasis air” atau “noncomedogenic” untuk menunjukkan bahwa produk tidak menyebabkan komedo. Jaga rambut Anda bersih, dan tarik kembali dari wajah Anda. Hindari menyentuh wajah Anda dengan tangan atau ponsel Anda, dan jauhi pakaian ketat atau topi yang dapat memerangkap minyak dan kotoran di samping kulit Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *