Skip to main content

8 Cara Atasi Kulit Kombinasi

8 Cara Atasi Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi memiliki ciri area T Zone yang berminyak. Berikut adalah 8 tips memilih mengatasi dan merawat kulit kombinasi.

1. Pembersih wajah

  • Berbahan dasar air, bertekstur gel, minyak, atau busa lembut.
  • Hindari sabun atau pembersih batangan karena mengandung detergen yang dapat membuat kulit menjadi makin kering.

2. Toner penyegar

Setelah membersihkan wajah, aplikasikan face toner :

  • Mengandung antioksidan
  • Berbahan dasar air atau gliserin.

3. Pelembap khusus

Gunakan pelembap dengan aturan sebagai berikut.

  • Utamakan area wajah yang kering, seperti bawah mata dan sekitar bibir untuk menghindari garis halus.
  • Oleskan pelembap tipis-tipis saja pada area wajah yang cenderung berminyak.
  • Pilih pelembap yang bertekstur gel atau lotion yang mengandung lebih banyak air di dalamnya untuk melembapkan kulit kering namun tanpa membuatnya berminyak.

 4. Alas bedak dan tabir surya

Pilih alas bedak bertekstur matte atau pressed powder yang mengandung tabir surya minimal SPF 15 di dalamnya. Apabila tidak menggunakan alas bedak, sebelum memakai bedak gunakan tabir surya berformula zinc oxide, titanium dioxide, atau avobenzone yang aman untuk kulit kombinasi.

 5. Bedak yang tepat

Bedak yang cocok untuk jenis kulit kombinasi adalah bedak tabur karena lebih mudah menyatu pada kulit serta tampak alami. Jika memilih compact powder, pilihlah yang berformula oil free, noncomedogenic, serta hypoallergenic.

6. Masker wajah

Masker yang cocok untuk kulit kombinasi adalah masker yang berbahan dasar alami, seperti gel daun lidah buaya dan mentimun. Gunakan clay mask atau masker bentuk jelly untuk area wajah berminyak, seperti dahi, dagu, serta hidung dan  masker  bentuk krim untuk area kering.

 7. Nutrisi tambahan

Selain memakai produk perawatan yang tepat, nutrisi untuk menyehatkan kulit juga penting, seperti vitamin A, C, E, zinc, dan selenium yang dikenal dengan antioksidan, serta EFA (Essential Fatty Acids) yang berguna untuk mencegah penuaan dini.

8. Perawatan malam

Gunakan produk yang mengandung tretinoin seperti retin-A, renova, dan avita yang membantu menumbuhkan sel kulit baru yang sehat pada  malam hari. Untuk kulit kombinasi, pilihlah produk bertekstur lotion atau gel.

Itulah cara mengatasi dan merawat kulit kombinasi. Bagi Anda yang memiliki tipe kulit ini, bisa mencoba cara-cara di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *