Skip to main content

6 Cara Merawat Wajah Berminyak yang Tepat

Setiap tipe kulit tentu memiliki karakteristik dan cara perawatan yang berbeda, termasuk untuk kulit yang berminyak. Bagi Anda yang memiliki tipe kulit yang satu ini mungkin ada yang merasa kesulitan untuk merawatnya, apalagi jika ditambah dengan masalah wajah lain, seperti komedo, kusam, atau berjerawat. Namun, semua masalah kulit tersebut bisa diatasi dengan cara perawatan yang tepat. Berikut penjelasannya.

A. Cara Merawat Wajah Berminyak dan Komedo

Wajah Berminyak dan Komedo

Untuk Anda yang memiliki tipe kulit wajah yang berminyak sekaligus memiliki komedo pada wajah, cara berikut dapat Anda aplikasikan.

1. Jangan Membiasakan Memencet Komedo Hitam

Sebagian besar wanita memang masih melakukan hal ini. Rasa penasaran dan gemas mungkin memang terasa pada sebagian besar orang yang memiliki komedo pada wajahnya, ingin memencet dan mengeluarkannya. Namun hal ini sangat tidak disarankan karena kita tidak tahu bakteri atau kuman apa saja yang terdapat pada tangan yang nantinya malah semakin membuat komedo tersebut membandel. Selain itu, bagian kulit wajah yang dipencet-pencet sembarangan terutama hidung, akan menjadi kemerahan atau mungkin dapat iritasi. Jangan dibiasakan ya!

2. Membersihkan Kulit Berminyak Secara Teratur

Kulit berminyak disertai dengan komedo bisa menyebabkan kulit menjadi kusam. Apalagi jika Anda sering beraktifitas di luar ruangan pasti kulit menjadi sering terkena debu yang dapat memicu kekusaman pada wajah. Anda dapat merawat kulit berminyak dengan cara senantiasa membersihkan wajah, namun tidak cukup hanya menggunakan air. Anda memerlukan sabun pembersih wajah untuk membersihkannya, namun tidak lebih dari 3 kali sehari dalam penggunaan sabun pembersih tersebut.

3. Memilih Produk Pembersih Wajah yang Tepat

Karena kebutuhan setiap tipe kulit wajah berbeda, Anda harus mampu memilih produk pembersih yang dapat membantu dalam perawatan kulit Anda. Pastikan produknya memang cocok agar tidak terjadi iritasi atau hal lainnya pada kulit. Mengenai produk perawatan wajah berminyak akan dijelaskan selanjutnya.

Merawatan kulit berminyak dan berkomedo memang perlu dikontrol, karena munculnya minyak pada kulit wajah dapat memicu komedo. Oleh sebab itu,  lakukan tiga cara di atas secara teratur.

B. Cara Merawat Wajah Berminyak dan Kusam

Wajah Berminyak dan Kusam

Debu yang menempel pada kulit yang berminyak dapat menyebabkan kulit kusam. Tentu perlu dirawat dengan cara berikut ini.

1. Jangan Abaikan Moisturizer

Kesalahan dari pemilik wajah berminyak salah satunya adalah melewatkan moisturizer atau pelembab. Menambahkan pelembab merupakan cara penting untuk menjaga kulit agar tetap sehat karena bisa mencegah bakteri atau radiasi sinar UV yang bisa mengancam keseimbangan minyak kulit wajah.

2. Membersihkan Wajah 3 Kali Sehari

Pastikan untuk membersihkan wajah tidak lebih dari 3 kali sehari karena dengan menggunakan berbagai macam produk pembersih, kemungkinan besar akan terjadi kerusakan kulit. Jadi, jangan lebih dari 3 kali dalam sehari ya.

C. Cara Merawat Wajah Berminyak dan Berjerawat Secara Alami

Wajah Berminyak dan Berjerawat Secara Alami

Metode perawatan wajah berminyak serta berjerawat bisa dilakukan secara alami. Caranya adalah sebagai berikut.

1. Dilarang Memenceti Jerawat

Jangan pernah berpikir ingin memencet jerawat karena ingin mengeluarkan nanah atau lemaknya. Memencet jerawat dapat menimbulkan berbagai masalah seperti infeksi, radang, serta biasanya meninggalkan bekas kemerahan yang sulit untuk dihilangkan.

Ketika jerawat muncul, yang harus dilakukan adalah mengobatinya. Tahap awal sebagai bentuk pencegahan radang adalah dengan mengompres bagian jerawat menggunakan es batu selama beberapa menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin yang mengalir.

2. Hindari Makanan Berlemak serta Berprotein Tinggi

Anda harus lebih selektif dalam memilah makanan yang hendak dikonsumsi. Sebisa mungkin, hindari makanan dengan lemak serta protein tinggi seperti daging sapi, ayam potong, telur, serta ganti dengan ikan yang kaya omega-3. Mulai perbanyak asupan sayur serta buah-buahan segar, jangan lupa untuk tidak pernah absen minum air putih yang cukup.

D. Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami

Merawat Wajah Berminyak Secara Alami

Ini merupakan salah satu cara yang banyak dicari oleh pemilik wajah berminyak, yaitu merawatnya secara alami. Caranya adalah sebagai berikut.

1. Selalu Membersihkan Make-up dengan Bersih

Pastikan setiap kali sudah memakai make-up, Anda membersihkannya sampai bersih, supaya make-up yang menumpuk pada wajah tidak menyebabkan masalah lain pada wajah Anda.

2. Membersihkan Wajah Menggunakan Air Hangat

Membersihkan wajah berminyak menggunakan air hangat bisa membuka pori-pori sehingga minyak pada wajah akan berkurang secara signifikan. Namun jangan lupa setelah mencuci menggunakan sabun pencuci wajah, bilas menggunakan air dingin untuk menutup pori-pori kembali.

3. Menggunakan Jeruk Nipis

Jeruk dapat dijadikan andalan untuk mengatasi minyak berlebih pada kulit wajah Anda, dengan cara mengambil satu buah jeruk nipis, lalu potong serta peras airnya, yang akan digunakan bukan airnya, tetapi kulitnya. Tempelkan kulit jeruk nipis tadi pada wajah secara merata dengan sedikit diberi pijatan lembut. Setelah 25 menit, bilas menggunakan air bersih. Ulangi cara ini 3 kali dalam seminggu supaya mendapatkan hasil terbaik. Jeruk nipis juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat membandel pada wajah.

4. Menggunakan Masker Putih Telur

Putih telur adalah cara alami yang sangat ampuh untuk menghilangkan minyak pada wajah secara permanen. Putih telur juga bermanfaat untuk menghilangkan komedo pada wajah dengan cepat. Cara membuatnya dengan cara pisahkan antara kuning dan putih telur kemudian ambil putihnya saja. Kocok telur hingga berbusa dan jadikan masker. Tunggu sekitar 25 – 30 menit, bilas menggunakan air hangat. Lakukan dengan teratur untuk mendapat hasil yang maksimal.

E. Produk Perawatan Wajah Berminyak

Matte foundation

1. Double cleansing

Terdapat 2 proses cleansing untuk kulit wajah berminyak, yaitu menggunakan fashial wash dan cleansing oil. Cleansing oil ini terbuat dari minyak. Anda dapat memilih cleansing oil yang mengandung campuran minyak zaitun, minyak almond, dan minyak biji anggur. Atau bisa juga campuran minyak hazelnut dan minyak bunga matahari. Jangan memakai yang terdapat kandungan minyak jojoba dan minyak kelapa karena bersifat comodogenik yang akan menyumbat pori-pori. Kurangi menggunakan produk pembersih bersifat keras serta mengandung banyak asam salisil agar kulit terhindar dari minyak berlebih dan tetap sehat.

2. Toner

Toner penting untuk mengembalikan PH kulit supaya normal dan mengembalikan nutrisi yang hilang karena penggunaan fashial wash atau cleanser.

3. Peeling wajah

Peeling berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah. Gunakanlah peeling yang mengandung bahan salicylic acid (BHA). Untuk awal gunakan BHA dengan kandungan 2%, nanti saat sudah terbiasa baru gunakan yang 10%.

4. Serum

Pilihlah serum yang mengandung sejumlah bahan aktif, seperti vitamin, biasanya C serta E, juga antioksidan yang berguna untuk menembus bagian dermis kulit lebih cepat.

5. Pelembab

Pelembab dapat Anda gunakan sebelum memakai sunblock atau cream. Pilih pelembab oil-free dan mengandung bahan yang mampu membuat kulit menyimpan air lebih banyak seperti hyaluronic karena bahan ini terasa ringan di wajah. Hindari substansi seperti petroleum, mineral oil, dan petrolatum.

6. Sunblock

Direkomendasikan untuk menggunakan sunblock dengan SPF di bawah 30.

7. Cream

Zat Niacinamide merupakan zat yang sangat efektif untuk menyerab sebum. Selain itu, berguna juga untuk menguatkan lapisan terluar kulit serta meningkatkan regenerasi sel sehingga bisa meminimalisir kerusakan seperti hyperpigmentasi serta pori-pori yang lebar.

8. Foundation

Sebaiknya menggunakan matte foundation karena tidak akan membuat wajah mengkilap. Jika wajah Anda sangat berminyak lebih baik gunakan pressed powder foundation.

9. Bedak

Untuk wajah berminyak dianjurkan untuk menggunakan bedak tabur dikarenakan bedak tabur mampu menyerap minyak dengan baik. Tidak seperti compact powder yang mengandung minyak, membuat wajah semakin mengkilap. Pastikan bedak tersebut oil-free serta tidak mengandung polyisobutene atau barium sulfate. Sebelum menggunakan bedak, gunakan terlebih dahulu foundation khusus untuk kulit berminyak serta gunakan sedikit lebih tebal pada area T, antara mata serta di atas hidung.

10. Masker

Masker yang sangat efektif untuk menyerap minyak adalah masker dari tanah liat seperti tanah liat putih (kaolin). Tanah liat ini mampu mengangkat sel-sel kulit mati yang sulit terangkat dan memperlambat penuaan.

F. Cara Merawat Wajah Berminyak, Berjerawat dan Berkomedo

Wajah Berminyak, Berjerawat dan Berkomedo

1. Kenali Jenis Kulit Sendiri

Karena setiap jenis kulit perawatannya berbeda, Anda perlu mengetahui jenis kulit wajah Anda agar perawatannya pun tidak salah.

2. Memilih Produk Kecantikan yang Cocok

Sesuaikan kulit wajah Anda dengan produk kecantikan yang tepat, agar tidak terjadi kerusakan kulit dan kulit senantiasa terjaga.

3. Tidak Menggunakan Produk Anti Comedogenic

Jangan menggunakan produk kecantikan yang memiliki label comedogenic, karena dapat menyumbat atau menutup pori wajah sehingga menyebabkan kulit wajah tidak mampu bernafas serta menjadi tempat munculnya jerawat. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk tidak menggunakan produk kecantikan yang comedogenic.

4. Menggunakan Bahan Alami

Banyak sekali bahan herbal yang dapatb dimanfaatkan untuk mengobati masalah jerawat, komedo serta membuat kulit tampak lebih sehat dan juga bersih.

5. Pola Hidup Sehat

Melakukan pola hidup yang sehat, karena dibalik kulit wajah yang sehat, terdapat pola hidup yang sehat juga.

Itulah 7 cara merawat wajah berminyak yang tepat agar wajah berminyak Anda tetap dapat terawat kesehatannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *